Konsol


Tencent dilaporkan berencana untuk mengembangkan permainan dengan karakter Nintendo didalamnya. Sumber orang dalam Tencent yang tidak ingin diungkapkan identitasnya mengatakan bahwa rencana ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memperluas pasar yang mereka miliki ke luar China.

Tencent nantinya akan mengembangkan game konsol untuk pasar Amerika Serikat dan Eropa dengan menggunakan karakter dari Nintendo. Selain itu, mereka juga akan mempelajari dasar pembuatan game konsol dari para insinyur Nintendo.

Tencent sendiri dikenal sebagai salah satu pengembang dan penerbit game mobile dan PC yang sukses sehingga langkah mereka untuk masuk ke pasar konsol dianggap cukup wajar termasuk untuk mengembangkan sayap ke luar China.

Tencent Akan Membuat Game Konsol Dengan Karakter Dari Nintendo

Akan tetapi kerjasama ini diprediksi akan berjalan cukup berat untuk Tencent karena Nintendo dikenal sebagai perusahaan yang sangat melindungi properti intelektual yang mereka miliki sekaligus budaya mereka untuk mempertahankan pengalamanan bermain para gamer alih-alih mengejar profit seperti Tencent.

Nintendo sendiri akhir-akhir sudah mulai sedikit longgar terhadap pengembang lain sebagai contohnya adalah pengembangan dari Super Mario Run dilakukan bersama dengan DeNa.

Walaupun berencana untuk mengambil unsur dari Nintendo, Tencent mengungkap bahwa mereka tidak berencana untuk melakukan porting game yang dimiliki oleh Nintendo ke China. Menurut perusahaan, game Nintendo memiliki segmen yang berbeda dan tidak dibuat untuk orang membayar banyak uang seperti membeli item mall ataupun cash item.

Tencent sendiri menargetkan untuk dapat melokalkan game terkenal yang ada di Switch. Selain itu, kedua perusahaan akan mendirikan server dengan menggunakan layanan komputer cloud China.

Tencent sendiri pada April lalu telah mendapatkan izin untuk menjual Nintendo Switch di China. Bagi Nintendo sendiri, izin penjualan ini membuka jalan perusahaan untuk dapat memasarkan konsol Switch ke pasar terbesar di dunia yaitu China.

Nantinya penjualan konsol Switch di China akan juga memiliki fitur pembayaran menggunakan WeChat Pay di e-store Nintendo dan juga bantuan untuk pembukaan kanal pembayaran offline.

China memang dikenal ketat dengan regulasi pada sektor teknologi yaning mereka miliki sehingga perusahaan teknologi asing yang ingin memasarkan produk yang mereka miliki harus memenuhi beberapa syarat. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan jalan Nintendo untuk memasarkan Switch akan semakin mulus.

The post Tencent Akan Membuat Game Konsol Dengan Karakter Dari Nintendo appeared first on Wii SPIN.

Melalui konsol PlayStation 4, Sony berhasil menorehkan kembali kinerja positif. Kali ini PS4 didaulat sebagai konsol terlaris nomor dua sepanjang masa.

Pada pertengahan 2019 atau sekitar Juni lalu, Sony mencatatkan penjualan 100 juta unit untuk konsol PlayStation 4 yang dimana kembali bertambah pada kuartal ketiga ini sebanyak 2,8 juta unit.

Artinya jika ditotalkan maka Sony telah menjual sebanyak 102,8 jtua unit PlayStation 4 sejak dirilis pada tahun 2013 lalu.

Angka penjualan ini bahkan melampaui penjualan Nintendo Wii yang tercatat sebanyak 101,6 juta unit dan konsol legendaris Sony lainnya yaitu PlayStation 1 yang terjual 102,5 juta unit sepanjang masa.

PlayStation 4 Berhasil Menjadi Konsol Kedua Paling Laris Sepanjang Masa

Dengan demikian, Sony berhasil mendominasi bisnis konsol karena berhasil menempatkan tiga produk konsol yang mereka miliki di posisi tiga besar konsol dengan penjualan terlaris sepanjang masa.

Peringkat pertama adalah PlayStation 2 yang kemudian disusul oleh PlayStation 4 dan pada posisi ketiga adalah PlayStation 1.

Angka penjualan PlayStation 4 saat ini memang masih terpaut cukup jauh dari PlayStation 2 yang mencatat penjualan sebanyak 150 juta unit selama masa pemasarannya.

Penjualan dari PlayStation 4 sendiri dianggap lebih baik karena berhasil mencatatkan penjualan 100 juta unit lebih cepat daripada PlayStation 2. Namun, impian untuk melampaui PlayStation 2 kemungkinan akan dikubur dalam-dalam karena Sony telah menyiapkan penerus PlayStation 4.

PlayStation terbaru ini akan hadir dengan beberapa fitur baru seperti dukungan untuk memainkan game yang memiliki resolusi 8K hingga dukungan untuk bermain game lawas.

The post PlayStation 4 Berhasil Menjadi Konsol Kedua Paling Laris Sepanjang Masa appeared first on Wii SPIN.

Nintendo telah dinilai “menghina” para penggemar game Hongkong. Pasalnya, raksasa video gam itu telah mengabaikan permohonan para gamers Hongkong untuk mempertahankan nama-nama Cina dalam karakter komik Pokemon, agar lebih familiar.Petisi disampaikan di kantor Konsulat Jenderal Jepang, bersama sekitar 20 orang yang dipimpin oleh kelompok politik radikal Civic Passion dan penggemar kartun, yang menampilkan makhluk bertenaga super. Mereka menuntut agar pemerintah Jepang dan pers lebih menghormati budaya lokal dengan berbagai perusahaan Jepang.”Nama-nama Cina beresonansi dengan pengucapan Kanton telah digunakan selama 20 tahun dan sepenuhnya tercermin budaya Hongkong. Nintendo kini telah menjadi kaki tangan untuk agenda politik dalam mempromosikan Putonghua, memberantas Kanton,” tutur Leung dari kelopok tersebut, seperti dilansir dari Kabarberita, Selasa pagi.Putonghua, atau dikenal sebagai Mandarin, adalah bahasa resmi Cina.
Sebelumnya pada bulan Mei, Nintendo (Hongkong) Co mengumumkan daftar terpadu dari nama Cina pada sekitar 150 karakter Pokemon, sementara menghapus beberapa nama yang diakui secara lokal, termasuk dari tokoh utama Pikachu, karakter seperti tikus berwarna kuning dengan kemampuan mengalirkan listrik.Sebuah klub penggemar telah mendorong Nintendo menggunakan kembali nama-nama akrab karakter lokal dan meluncurkan kampanye tanda tangan yang dikumpulkan ribuan tanda tangan untuk mendukung.Perusahaan asal Jepang itu telah mengirim surat ke klub penggemar, mengungkapkan penyesalan telah menyebabkan kekhawatiran di antara video gamer tetapi mengatakan tidak ada melakukan perubahan apapun.“Bei Ka Chiu (nama Pikachu digunakan di Hongkong) adalah memori kolektif Hongkong dan saya ingin mempertahankan budaya kita yang signifikan lokal, yang diabaikan oleh Nintendo,” ujar penggemar Kenny Chu dan menuduh Nintendo berpihak dengan Cina daratan dan melupakan Hongkong.”Perusahaan bisa mengatakan itu adalah keputusan bisnis, tapi membawanya ke Konjen Saya harap kita bisa mengangkat masalah ini ke tingkat budaya atau politik dan menarik perhatian dari kantor pusat (Nintendo) dan bahkan video gamer Jepang,” katanya.Sementara itu, kantor perusahaan Hongkong menolak berkomentar lebih lanjut, sambil mengatakan, kompetisi Pokemon video game yang dijadwalkan bulan depan akan terus berlangsung.Kelangsungan hidup dialek Kanton digunakan di Hongkong dan di Provinsi Guangdong Cina selatan, telah terancam seiring dengan meningkatnya stres di Beijing dalam beberapa tahun terakhir karena menggunakan Mandarin.

The post Gara-gara Nama Karakter, Nintendo Bikin Ngamuk Pemain Hongkong appeared first on Wii SPIN.

Perusahaan pengembang game yang berasal dari Jepang, Konami akan menghadirkan sebuah konsol pada tahun 2020 mendatang. Akan tetapi konsol yang dibuat tersebut adalah konsol yang digunakan untuk memainkan game lawas dari Konami.

Konsol yang diberi nama PC Engine memiliki ukuran yang mungil. PC Engine disebutkan dapat menampung lebih dari 50 game Konami yang dirilis dari tahun 1980 hingga 1990-an.

PC Engine ini disebut sebagai sebuah konsol emulator yang berisi game yang dirilis oleh Nintendo dan Sega Genesis. Secara sepintas, konsol ini cukup mirip dengan konsol Super NES Classic yang dirilis oleh Nintendo baru-baru ini.

Konami Rilis Konsol Untuk Memainkan Game Lawas Tahun 80-an Dan 90-an

PC Engine memiliki desain controller yang hampir menyerupai Super NES. Controller ini dihubungkan ke konsol dengan menggunakan kabel USB. Sementara itu, konsol ini dihubungkan ke monitor atau TV dengan menggunakan kabel HDMI yang menyerupai Super NES Classic.

Terdapat beberapa game legendaris yang hadir dalam konsol ini seperti Bomberman, Dragon Spirit, Seirei Senshi Spriggan, Galaga 88 hingga The Legend of Valkyrie.

Konami sendiri memamerkan konsol ini pada event Tokyo Game Show 2019 yang berlangusng beberapa waktu lalu.

Konsol ini disebtukan memberikan kesan sedikit berbeda dengan memainkan game yang sama melalui konsol Nintendo Classic ataupun Super NES Classic.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh model controller yang memiliki sedikit perbedaan walaupun memiliki susunan tombol yang sama. Konami membuat posisi tombol sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Super NES Classic sehingga dibutuhkan sedikit penyesuaian ketika pertama kali menggunakan controller ini.

Selebihnya, konsol ini menghadirkan pengalaman yang hampir sama dengan konsol pada era tahun 80-an hingga 90-an. PC Engine ini menjadi salah satu konsol alternatif yang dapat digunakan untuk bernostalgia dengan berbagai game lawas.

PC Engine ini akan dirilis pada tahun 2020 dengan banderol mencapai Rp 1,3 juta.

The post Konami Rilis Konsol Untuk Memainkan Game Lawas Tahun 80-an Dan 90-an appeared first on Wii SPIN.

Punya gebetan gamer? Biar kalian tidak kaku atau mengernyitkan dahi begitu dia mengucapkan istilah gamer, ada baiknya pahami dulu istilah ‘awam’ yang biasa diucapkan mereka.Dirangkum kabarberita,ini dia 5 istilahnya. Kalau kalian paham, tandanya kamu gamer sejati!
1. GGWP
Ini istilah yang diucapkan gamer ketika bermain andal saat mabar (main bareng). GGWP singkatan dari ‘Good Game, Well Played, adalah apresiasi dari teman-teman setim biasanya setelah menyelesaikan misi dengan oke.

2. Imba
Mungkin kamu bertanya-tanya apa sih maksudnya kata yang satu ini. Imba punya arti imbalanced, artinya kamu jago banget nggak ada tandingannya!

3. ‘A’
Ini adalah salah satu cara yang biasanya dilakukan dedengkot gamer untuk mengecek jaringan. Kalau kalian ingat zaman di BBM dulu pakai PING! Nah, di game kamu hanya perlu mencet A untuk cek jaringan.

4. Party
Kata ‘party’ dalam istilah game bukan berarti hura-hura, clubbing, atau menari bergembira, melainkan bermain bersama dengan teman-teman in-game yang ada dalam satu group.

5. GB
Siapa nih yang sering bilang ‘GB-in dong!’. GB artinya sendiri belum terlalu jelas memang. Ada yang bilang ‘game booster’, ‘gaji buta’, atau ‘grup bareng’. Intinya, orang ini meminta gamer yang level atau equipmentnya lebih kuat untuk beraksi sendiri, sementara dia ‘numpang’ untuk menambah experience points dan mengejar level.

The post 5 Istilah yang Pasti Dipahami Gamer Sejati yang perlu di ketahui appeared first on Wii SPIN.

Setelah diumumkan akhir bulan lalu, Capcom akhirnya mengungkap gameplay dari gim resident evil terbaru besutannya yang diberi nama Project Resistance saat ajang Tokyo Game Show.
Dikutip dari Kabarberita, Capcom juga mengungkap sejumlah informasi penting mengenai gim ini. Salah satunya adalah Project Resistance merupakan gim multiplayer 4v1, berbeda dari gim Resident Evil sebelumnya.Jadi, dalam gim ini empat karakter yang ada dalam gim harus saling bekerja sama untuk melawan satu sosok musuh. Sosok ini berperan sebagai dalang dari segala jebakan dan ancaman berbahaya termasuk mengerahkan pasukan zombie untuk menyerang pemain.Masing-masing pemain nantinya memiliki kemampuan berbeda-beda dan unik. Berbekal kemampuan tersebut, mereka akan saling bahu membahu untuk melawan jebakan dari sang dalang dalam gim resident evil ini.Capcom menyebut kerja sama merupakan kunci keberhasilan dalam gim kali ini. Mereka harus bekerja sama untuk memecahkan sejumlah teka-teki dan kabur dari tempat tersebut.Resident evil Project Resistance dikembangkan untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Capcom sendiri belum mengungkap jadwal rilis gim ini, tapi sejumlah pemain disebut dapat mencobanya dalam waktu dekat.Rencananya, closed beta test akan digelar mulai 4 hingga 7 Oktober untuk anggota Resident Evil Ambassador (PS4) dan Xbox Insiders (Xbox One). Pendaftaran untuk uji coba beta ini sudah dibuka hingga 18 September 2019.Sebelumnya, seperti dikutip dari akun Twitter, Capcom juga mengonfirmasi kehadiran tiga gim Resident Evil lawas ke Nintendo Switch. Adapun judul tersebut adalah Resident Evil HD Remaster, Resident Evil 0, dan Resident Evil 4 akan dirilis pada 21 Mei 2019.
Informasi, seri pertama Resident Evil dirilis pada 23 tahun lalu. Resident Evil 0 meluncur di konsol GameCube pada 2002, sementara RE 4 meluncur tiga tahun berikutnya.
Beberapa bulan belakangan ini Resident Evil memang sedang populer di kalangan gamer.Resident Evil 7: Biohazard mengambil ‘jalan’ yang baru dan menarik untuk sebuah gim bergenre thriller tersebut.Bulan lalu, peluncuran Resident Evil 2 remake di Xbox One, PlayStation 4, dan Windows PC sendiri mendapatkan sambutan yang luar biasa.
Berkaca dari hal itu, bukan hal yang tak mungkin Capcom bakal meluncurkan seri-seri lawas Resident Evil yang dibuat ulang untuk konsol gim saat ini.

The post Capcom Ungkap Gameplay Resident Evil Project Resistance appeared first on Wii SPIN.

Kepala Xbox dan gaming di Microsoft, Phil Spencer mengonfirmasi bahwa perusahaan tidak bekerja pada konsol yang dikhususkan hanya untuk streaming. Rumor yang beredar mengungkap bahwa konsol Project Scarlett akan dikapalkan dengan versi high-end dan ‘cloud console’.Dengan demikian, produk tersebut akan memiliki keterbatasan untuk ‘local compute’ seperti input controller dan pemrosesan gambar.”Kami tidak sedang mengerjakan konsol streaming saja sekarang,” jelas Phil Spencer dalam sebuah wawancara dengan Gamespot.Ia mengatakan bahwa pihaknya melihat ponsel di saku Anda sebagai tujuan streaming, dan konsol yang miliki oleh perusahaan memungkinkan Anda memainkan game secara lokal.Rencana Microsoft untuk konsol kedua dibatalkan awal tahun ini karena kekhawatiran terkait pengembang dan fokus yang lebih besar pada xCloud. Microsoft sekarang mendorong maju dengan uji coba publik xCloud, setelah memamerkan layanan cloud gaming di E3 tahun ini.Versi beta publik diperkirakan akan diluncurkan pada Oktober, menawarkan penggemar Xbox kesempatan untuk melakukan streaming dan melanjutkan beberapa game di ponsel mereka.Konsol Microsoft Project Scarlett akan mencakup grafis 8K, penyimpanan SSD, dan dukungan penelusuran sinar ketika diluncurkan selama liburan tahun depan.Microsoft mengungkap update aplikasi Wireless Display dan mengizinkan game PC untuk bisa secara langsung ditampilkan di Xbox One. Berkat aplikasi Wireless Display, yang awalnya tersedia di Surface Hub, kini tersedia untuk semua pemilik Xbox One.Ini memungkinkan gamer melakukan stream PC atau perangkat Android ke konsol game yang bisa dikendalikan dengan controller Xbox One, seperti dilansir Kabarberita.Selain streaming game PC dari Steam atau lainnya di Xbox One, aplikasi ini juga memungkinkan Anda menggunakan Xbox One sebagai perangkat presentasi. Pengguna dapat dengan mudah berbagi foto, video, situs web, dan lainnya ke konsol mereka melalui aplikasi.Penting untuk dicatat bahwa “memproyeksikan konten yang dilindungi, seperti Netflix dan Hulu tidak didukung”.Hanya controller Xbox yang dapat digunakan, sehingga mereka yang ingin menggunakan mouse dan keyboard harus menunggu terkait dukungan itu.

The post Bos Xbox Tak Miliki Rencana Bikin Konsol Khusus Streaming appeared first on Wii SPIN.