Wargames


Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami peningkatan di industri teknologi. Salah satunya teknologi yang berkaitan dengan gim.Berdasarkan cacatan yang pernah dirilis Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI, jumlah pemain gim di Indonesia saat ini meecapa 42,7 juta orang.Berkaitan dengan peningkatan tersebut, Salim group melalui PT Anugerah Kreasi Gemilang (AKG Games) menjalin kemitraan dengan Blizzard Entertainment.”Kemitraan dengan Blizzard ini akan membawa berbagai pengalaman bermain gim dan hiburan terpopuler yang diakui di seluruh dunia, pada komunitas gaming di Indonesia. Sekaligus juga membuka jalur untuk berbagai peluang menarik,” kata Director AKG Games (Salim Group), Adrian Lim dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis pagi.Perwakilan dari Salim Group, Axton Salim juga menegaskan hal yang sama. Dia mengutarakan bahwa kerja sama antara AKG Games dengan Blizzard Entertainment diharapkan dalam memperluas pengalaman epik bermain gim di Indonesia.”Ini bisa jadi prioritas buat para gamers untuk Indonesia karena Blizzard mempunyai sesuai yang berbeda,” kata Axton.Senada dengan Axton, Managing Director Blizzard Entertainment Taiwan/Hong Kong/South East Asia, Paul Chen mengakui bahwa Blizzard memang punya hal berbeda.”Kerja sama kami dengan mulai dari grassroot degaan membangun ekosistem karena kami punya core values. Bukan hanya cerita (story telling) tapi juga kualitas yang kuat atau gameplay, dan teknik global,” jelas Paul.Dengan usaha pembangunan ekosistem tersebut, diharapkan nantinya para gamers di Indonesia bisa mengikuti sejumlah kompetisi seperti e-sport.E-sport, kata Adrian memang menjadi industri yang bagus dilakoni bagi para gamers. Oleh karena itu sejumlah kegiatan atau aktivitas online dan offline sedang disiapkan oleh Salim Group dan Blizzard.

The post AKG Games dan Blizzard Entertainment Buka Jalur Komunitas Gaming di Indonesia appeared first on Wii SPIN.

Jaman makin canggih, game yang dirilis pun makin banyak yang berspesifikasi tinggi. Ini disebabkan oleh konten berkualitas yang ditawarkan di dalamnya baik dalam segi grafis atau pun gameplay dan fitur lainnya. Game dengan spesifikasi tinggi membutuhkan perangkat permainan yang tinggi juga, tak terkecuali untuk perangkat permainan konsol, komputer dan juga smartphone.Melihat problematika dari konsol, smartphone dan komputer ini, tawaran untuk bermain game yang lebih mudah pun dieksekusi. Tanpa harus punya perangkat game dengan spesifikasi tinggi, gamers sudah dapat memainkan game yang berkualitas tinggi. Semua itu bisa dicapai melalui Skyegrid.Skyegrid merupakan sebuah startup lokal yang memberikan tawaran solusi berupa membangun ekosistem game yang didasari cloud alias games streaming.Dengan basis cloud itu, para pemain bisa dapat memainkan game terbaru tanpa dipusingkan dengan problematika konsol atau komputer mahal karena spesifikasi game terlalu tinggi.Dilansir dari kabarberita,Rolly Edward selaku CEO Skyegrid menyatakan bawah dengan adanya produk itu, maka siapa pun dapat menjadi seorang gamers. Kamu bisa jadi gamer di mana pun dan kapan pun tanpa harus pusing karena spesifikasi game tinggi, dan juga rig yang mahal.Di dalam perpustakaan game streaming Skyegrid terdapat konsol gim kelas AAA atau blockbuster. Para pemain yang berlangganan produk ini bisa memainkan game tanpa instalasi dengan durasi yang lama, dan diberikan juga waktu bermain yang tanpa batas selama 30 hari.Beberapa judul game yang sudah bisa diakses adalah Rise of the Tomb Raider,Playerunknown’sBattlegrounds(PUBG) dan Final fantasy XV.Nantinya, jumlah game yang ditawarkan akan lebih banyak seiring meningkatnya pengguna, dan juga penyiapan server yang berkapasitas besar sebagai back end utama dari servis game streaming Skyegrid ini.Sejalan dengan tujuan dari perusahaan, produk game streaming ini menawarkan akes tanpa perlu perangkat dengan sistem spesifikasi tinggi, asal perangkat game bukan keluaran jadul. Game streaming Skyegrid telah berhasil berkolaborasi sama Steam,dan sudah masuk pada tahap beta. Startup lokal ini juga tengah berusaha berusaha bekerja sama dengan provider lokal dengan maksud agar para pemain dapat bermain game secara lebih leluasa tanpa harus pusing akan kuota.Untuk dapat mengakses games streaming Skyegrid, para gamer diharuskan berlangganan. Namun, harga pastinya belum dikeluarkan. Perusahaan startup lokal ini berjanji akan merilis harga berlangganan dari produk mereka secepatnya dalam waktu dekat.

The post Skyegrid Tawarkan Kemudahan Bermain Game appeared first on Wii SPIN.

Menghidupkan kembali game lawas sepertinya tengah menjadi tren dari para pengembang game raksasa. Walaupun terlihat mudah akan tetapi hal tersebut tidaklah mudah seperti membalikan tangan. Hal ini telah banyak dirasakan oleh para pengembang yang telah mencoba menghidupkan kembali atau remake game lawas yang mereka miliki terutama pada segmen game RTS. Permintaan game dengan genre RTS yang semakin menurun dengan hadirnya berbagai game baru dengan genre jaman now seperti MOBA dan Battle Royale membuat genre yang satu ini tergerus belum lagi konsep yang cukup kaku dari RTS membuatnya sulit untuk dikembangkan apalagi untuk menghasilkan game yang dapat membawa genre ini kembali bersinar seperti pada tahun 90-an hingga awal 2000-an.

Bagi para pecinta RTS tentunya mengenal game WarCraft III, StarCraft dan Command & Conquer. Sejauh ini proses remake yang telah dilakukan adalah StarCraft yang cukup mendapatkan respon positif. Melihat hal tersebut EA selaku pengembang Command & Conquer juga melakukan hal yang sama dengan mengerjakan Command & Conquer versi lawas dengan bekerjasama dengan Petroglyph. Selain EA dan Blizzard, Microsoft juga telah siap dengan versi remake dari Age of Empires II.

Microsoft Pastikan Tanggal Rilis Versi Remake Age Of Empire II

Microsoft sendiri telah mengindikasikan akan menghadirkan Age of Empire II: Definitive Edition sebagai versi remake. Versi remake ini akan dirilis terlebih dahulu ketimbang Age of Empire IV yang merupakan seri terbaru dari franchise Age of Empire. Game versi remake ini akan mulai tersedia pada 14 November 2019 untuk platform PC dan Xbox Game Pass.

Tanggal perilisan tersebut banyak disayangkan karena awalnya diprediksi akan dirilis bertepatan pada 20 tahun usia franchise Age of Empire yang jatuh pada 30 September. Selain itu, bulan November sendiri merupakan bulan yang cukup berat karena beberapa game yang ditunggu-tunggu juga akan dirilis seperti Star Wars Jedi: Fallen Order, Pokemon Sword dan Pokemon Shield.

Microsoft sendiri telah menjanjikan peningkatan kualitas visual, multiplayer dan beberapa konten baru akan ditambahkan pada Age of Empire II: Definition Edition ini.

The post Microsoft Pastikan Tanggal Rilis Versi Remake Age Of Empire II appeared first on Wii SPIN.

Game Mobile Legends menghadirkan sejumlah hero-hero yang bisa dipilih oleh gamer. Setiap hero memiliki keunikan yang berbeda dengan hero lainnya, dan juga tingkat kesulitan yang berbeda pula saat mengendalikannya.Bagi gamer Mobile Legends pemula, disarankan untuk menggunakan hero-hero yang mudah. Akan tetapi, bagi Anda gamer yang sudah berpengalaman, setidaknya bisa menjajal hero-hero tersulit di Game Mobile Legends.
Berikut ini daftar hero Mobile Legends tersulit dan butuh pengalaman untuk bisa menguasainya.
1.Gusion
Gusion salah satu hero tersulit di game mobile legends.Skill yang ada pada Gusion bisa sangat berguna untuk menyerang musuh seperti marksman. Salah satu skillnya memungkinkan ia mendekati musuh dengan sangat cepat.Bagi gamer pemula atau bahkan yang baru meng-install game Mobile Legends, sebaiknya berlatih terlebih dahulu untuk dapat menguasai hero yang satu ini.
2.Pharsa
Salah satu tersulit, Pharsa memiliki jarak serangan yang cukup jauh. Ia dapat menyerang musuh dari kejauhan dengan damage yang cukup menyakitkan. Kendati demikian, tidak mudah mengendalikan arah serangan karena dibutuhkan ketepatan agar musuh terkena damage.Pharsa bisa berubah menjadi seekor burung dengan skill Wings by Wings. Ini memudahkannya untuk dapat kabur dari serbuan musuh.
3.Franco
Franco, hero tank ini bisa diandalkan untuk menarik musuh agar mendekat. Setelah itu, tim bisa mengeroyok musuh yang terkena skill Franco tadi. Meskipun demikan, skill menarik hero musuh ini tidak semudah yang dibayangkan.Butuh ketepatan agar skill efektif mengenai target.
4.Hayabusa
Hayabusa terkenal dengan jurus kaburnya, membuatnya tidak mudah dilumpuhkan. Skill yang dimilikinya bahkan efektif menghabisi health bar hero lawan tanpa terlihat. Untuk pemula, mungkin agak sulit mengendalikan Hayabusa, yang tampaknya lebih dominan menyerang dengan skill miliknya dibanding serangan attack biasa.
5.Fanny
Fanny menjadi salah satu hero yang memiliki pergerakan yang sangat cepat. Ia bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Skill melompatnya ini bisa menyerang hero lawan dengan damage yang lumayan.Meskipun serangannya menyakitkan, mengendalikan hero ini butuh latihan dan mengetahui titik-titik yang tepat agar ia bisa melesat dengan lancar ke tempat yang diinginkan.

The post Bukan untuk Pemula, Ini 5 Hero Game Mobile Legends Tersulit appeared first on Wii SPIN.

Minggu ini PUBG Mobile akan menghadirkan update pada berbagai fiturnya. Untuk itu, gim battle royal populer ini mengumumkan bahwa layanannya bakal down selama beberapa waktu.
Mengutip laman kabarberita, layanan PUBG Mobile ini memang sengaja tak bisa diakses karena pemeliharaan server.Laporan menyebut, server PUBG Mobile offline merupakan tahap pertama dari proses patching. Selanjutnya,PUBG Mobile akan merilis pembaruan untuk diunduh para gamers.
Berdasarkan keterangan pada layar gim PUBG Mobile, PUBG Mobile akan offline pada pukul 00:00 hingga 07:00 UTC pada 13 Agustus 2019.
Jika dikonversi ke waktu Indonesia, berarti offline-nya PUBG Mobile akan terjadi pada pukul 07:00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Demikian menurut konfirmasi dari Tencent selaku pengembang PUBG Mobile.Tencent menyebutkan, tumbangnya server dan proses pemeliharaan membuat patch 0.14.0 tidak akan bisa diperbarui hingga proses maintain selesai dilakukan.
“PUBG Mobile akan tubang mulai dari 00:00:00-07:00:00 UTC (pukul 07.00 hingga 14.00 WIB) pada 13 Agustus. Pemeliharaan tersebut adalah waktu yang diestimasi, server mungkin akan kembali lebih cepat atau lambat, tergantung pada proses yang berlangsung,” kata Tencent dalam pemberitahuannya.Selanjutnya, Tencent juga meminta para gamers untuk memastikan ada ruang memori sebesar 1,95GB untuk Android atau 2,55GB untuk iOS.”Versi baru akan tersedia pada App Store dan Google Play mulai 14 Agustus 2019,” kata Tencent.
Lebih lanjut, disebutkan, para gamers yang meng-update gim sebelum 23 Agustus bisa mendapatkan 1 parasut trail dan battle point (BP) sebesar 2.000 poin.Sejatinya siapa pun dapat memainkan PUBG Mobile secara gratis. Namun seperti kebanyakan gim lainnya, gim ini menyediakan fitur in-app-purchase untuk berbagai keperluan seperti membeli season pass dan item tertentu. In-app-purchase inilah yang menjadi salah satu pendapatan perusahaan.”Tiongkok merupakan pendorong utama pertumbuhan ini, yang telah berkontribusi hampir 30 persen dari total waktu permainan hanya dalam dua bulan,” kata co-founder Sensor Tower Alex Malafeev.Menurut Alex, kalaupun kontribusi Tiongkok tidak dihitung, “Pendapatan permainan ini masih tumbuh hampir 310 persen dibandingkan dengan tahun lalu.”Adapun PUBG Mobile versi Tiongkok, yakni Game of Peace, telah menghasilkan sekitar USD 241 juta selama dua bulan terakhir. Angka ini setara dengan sekitar 28 persen dari perkiraan total pendapatan senilai USD 860 juta di seluruh dunia.Ini berarti bahwa pendapatan PUBG Mobile melampaui pendapatan Fortnite dan Knives Out. Keduanya masing-masing meraup USD 725 juta dan USD 771 juta.Namun perlu digarisbawahi, pendapatan Fortnite bersumber dari iOS saja karena gim ini tidak tersedia bagi pengguna perangkat Android di Google Play.

The post PUBG Mobile Umumkan Server Down, Ini Penyebabnya appeared first on Wii SPIN.

Kaja merupakan hero tank terbaru di mobile legends yang memiliki kemampuan mengerikan untuk melukai musuh dan membuat mereka tak berdaya. Kaja dibekali dengan kekuatan listrik yang luar biasa dengan damage tinggi di kelas tank serta control effect unik yaitu membuat musuh tidak berdaya dan menariknya. Belum lagi hero ini cukup lincah berkat skill keduanya yang sekaligus memberikannya shield apabila menabrak ke rekan satu tim. Dengan positioning yang tepat, Kaja bisa menjadi hero tank yang sangat mematikan di dalam game.Kali ini kita akan melihat kisah seorang Kaja, sang pemimpin bangsa Nazar yang memiliki kekuatan luar biasa dan bertugas menjaga kedamaian Celestial Palace setelah Uranus pergi meninggalkan kota.The Celestial Palace merupakan rumah para dewa yang dulunya begitu ramai dan dijaga oleh para Nazar Guardians. Setiap iblis yang berani mendekati kota suci ini akan kewalahan menghadapi kecepatan tinggi dan cambuk listrik mengerikan milik mereka yang bisa melucuti kemampuan sihir korbannya. Tidak ada satu iblis pun bisa lari dari kejaran para kesatria dewa ini dan menghancurkan kedamaian yang telah dijaga oleh mereka di Celestial Palace.Sebagai pemimpin mereka, Kaja mampu meningkatkan kekuatan petir dari cambuknya tersebut menjadi energi murni dan mengontrol kemampuan tersebut sesuai keinginannya, juga menghasilkan tingkat kerusakan luar biasa ke semua musuh yang dihadapinya. Ia pun kemudian ditugaskan untuk melindungi langsung sang penguasa kota.
Ribuan tahun lalu, ketika sang penguasa selesai menciptakan para penjaga Celestial Palace, ia pun pergi. Setelahnya Celestial Palace pun tak terurus dan menjadi reruntuhan. Sampai suatu hari Uranus yang merupakan ciptaan sang penguasa tiba-tiba aktif, karena terjadi perperangan yang memperebutkan Celestial Palace tersebut. Uranus pun kemudian pergi dari Celestial Palace ke Land of Dawn untuk menghentikan peperangan yang terjadi. Sang penguasa pun akhirnya memberikan tugas ke kaum Nazar untuk mengusir para iblis dari kota suciitu, dan membangun kembali Celestial Palace seperti sedia kala, sekaligus untuk berjaga-jaga kalau suatu saat sang penguasa kembali ke Celestial Palace.Itulah tadi lore tentang Kaja yang memimpin bangsa Nazar untuk menjaga ketentraman Celestial Palace. Tapi yang menjadi misteri, siapakah sang penguasa kota tersebut ya!? Ia yang telah menciptakan Uranus juga

The post Lore Kaja Mobile Legends, Bangsa Nazar Penjaga Celestial Palace yang Gesit dan Kuat appeared first on Wii SPIN.

Siapa yang tak mengenal sepak terjang majalah zigma dan majalah omega?Keduanya adalah majalah game yang paling up-to-date di Indonesia. Memiliki ribuan fans berat yang selalu menunggu tanggal terbitnya setiap bulan. Majalah Zigma – Omega sudah 12 tahun menemani para gamer Indonesia, dan pada Desember 2014 lalu redaksinya diketahui sedang menyiapkan sesuatu yang baru untuk membuat konsep kedua majalah tersebut yang selalu ditunggu bisa dengan mudah diakses dan dinikmati pembaca di seluruh pelosok negeri ini.Maka terbentuklah TouchOn Magazine. Sesuai namanya, “touch” atau disentuh, maka revolusi baru Zigma dan Omega ini dipilih dalam bentuk aplikasi untuk smartphone. Zigma dan Omega menjadi lebih kompak, lebih mudah dibawa kemana-mana, tidak mudah rusak termakan usia, dan yang terpenting, bisa dijangkau darimana saja.TouchOn Magazine adalah sebuah media berupa aplikasi smartphone yang mampu meningkatkan pengetahuan para pembaca tentang game, film, dan budaya pop lainnya. Berbeda dengan majalah digital lainnya, TouchOn hadir mandiri dan bisa didapatkan secara gratis! Lebih menariknya lagi, isi berita dari TouchOn sendiri akan selalu up-to-date. Jadi TouchOn bukan sebuah majalah bulanan, semua berita baru datang ke dalam aplikasi yang sudah diunduh dari awal, dengan tampilan layout yang menarik.Lebih dalam soal fitur yang ditampilkannya, TouchOn merupakan majalah digital yang interaktif. Kamu bisa menyentuh gambar untuk memperbesarnya. Atau untuk membaca artikel lengkapnya kamu bisa menyentuh badan teks yang ada di layout-nya. Di bagian redaksional, kamu bisa menyentuh avatar para kru untuk melihat komentar mereka yang muncul seperti balon kata pada komik.Pada saat ini TouchOn Magazine sudah memasuki fase Beta untuk Android. Sedangkan untuk versi iOS akan segera menyusul. Pada fase Beta ini para pembaca bisa menikmati beberapa artikel baru yang menarik untuk disimak. Bagi kamu yang memiliki smartphone Android minimal dengan spesifikasi Android versi 2.3 dan RAM 1 GB, kamu bisa mencoba aplikasi ini. Untuk versi final dari TouchOn sendiri akan segera menyusul.

The post TouchOn Magazine: Revolusi Majalah Zigma-Omega via Mobile appeared first on Wii SPIN.

Merintis dan mengelola bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan perencanaan yang matang serta konsistensi dalam pelaksanaan manajemen bisnis untuk memastikan keberhasilan usaha. Dalam realisasinya, kedua hal tersebut perlu didukung oleh visi dan misi yang kuat agar binismu bisa terukur dan terarah. Hal inilah yang menjadikan Avero Global Indonesia menjadi salah satu inovasi bisnis yang bisa unggul di pasarnya.Avero Indonesia, dirintis oleh seorang pemuda berusia 23 tahun bernama A. Muiz Farist atau yang biasa disebut Farexcel hanya dalam kurun waktu 1 tahun. Ia menyulap keisengannya saat bermain games menjadi peluang bisnis dengan omzet diatas 1 Miliar per bulan.Tentu saja, kesuksesan Avero Global Indonesia memerlukan sebuah proses dimana Farexcel harus mempersiapkan diri pada kemungkinan menghadapi rintangan dan kegagalan. Selama proses pengembangan bisnisnya Ia telah mengalami kegagalan ketika menangani 9 perusahaan selama 8 tahun berturut-turut, dimana rata-rata perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Kondisi bisnis Farexcel memburuk ketika Ia sempat difitnah telah melakukan penipuan dengan nilai ratusan juta kepada ribuan orang.Kegagalan yang dialami Farexcel telah memperkuat kepercayaan dirinya. Alih-alih menyerah Ia memilih bangkit dan membangun kembali Avero Indonesia dari Nol. Berawal dari kegemarannya bermain game mobile baru bernama Arena of Valor,Farexcel secara perlahan mengembangkan keisengannya menjadi bisnis bepeluang besar dan berhasil menjadi salah satu penyedia layanan game voucher terbesar di kalangan salah satu penyedia layanan games besutan salah satu pengembang terkemuka, Garena.Tidak berhenti hanya sampai disitu, Ia berhasil melebarkan sayap bisnisnya dengan merambah ke berbagai jenis layanan game voucher lainnya seperti Mobile Legends,PUBG,Ragnarok,serta aplikasi games lainnya melalui Avero Global Indonesia, yang Ia launching secara resmi pada 31 Januari 2018 lalu. Berkat kegigihannya, Avero Global Indonesia berhasil meraih omzet hampir 1,3 Miliar per bulan. Tentu saja ini adalah pencapaian yang luar biasa.
Belum lama ini dalam sebuah kesempatan, Farexcel mengungkapkan bahwa, “Di zaman sekarang, bermain video game bukan lagi hanya sekedar penghilang rasa bosan, tapi sudah menjadi Future Entertaiment yang menjadi salah satu bagian dari ekonomi kreatif Indonesia dan juga sudah menjadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan bagi banyak orang”.Perjalanan bisnis Avero Indonesia masih terus memuncak seiiring dengan keyakinannya tersebut. Farexcel secara optimis mulai merambah ke sektor bisnis game yang lebih luas seperti E-sports Organization, T-shirt Game dan Layanan jasa main games lainnya.Namun, setelah mengalami proses yang panjang dalam membangun bisnisnya, kabar terbaru dari media Avero Indonesia mengatakan bahwa pada 26 Februari lalu, Farexcel memutuskan untuk melepas semua lini bisnisnya, termasuk Avero Indonesia untuk fokus mendalami keilmuan Agamanya dengan belajar di sebuah pondok pesantren hingga tahun 2020.Melalui kesempatan tersebut, Farexcel juga mengungkapkan bahwa kini Ia mengamanahkan semua lini bisnis Avero Global Indonesia kepada Al-Ansori, salah seorang sahabat yang sudah sangat lama mengikutinya dalam perjalanan bisnisnya.Dalam berbisnis, kegagalan adalah momentum untuk semakin memperkuat peluang bisnis. Avero Indonesia pernah gagal, namun Farexcel dapat dengan gigih terus mempertahankannya hingga bisa menjadi salah satu market leader di kalangan game mobile. Jangan menyerah, lakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis dan jangan lupa untuk tetap gigih ya sobat kabar Games.

The post Avero Indonesia: Berawal Iseng, Hingga Omzet 1,3 M! appeared first on Wii SPIN.

Indonesia eSports Assosiaciation (IeSPA) mengadakan ajang kompetisi eSports Indonesia Esports National Championship (IENC). Menurut laman resmi IENC, event tersebut akan dimulai dengan kualifikasi di 12 kota di Indonesia.Adapun 12 kota tersebut yakni Tarakan, Pontianak, Samarinda, Papua, Yogyakarta, Surabaya, Manado, Padang, Palembang, Lampung, Jakarta, dan Bandung. Babak kualifikasi eSports daerah akan dimulai pada 19 Juni hingga 4 Juli 2019. Setiap daerah memiliki jadwal kulaifikasi yang berbeda-beda.Menariknya lagi, ajang ini dimaksudkan untuk mencari atlet yang mampu mewakili Indonesia di ajang Sea Games 2019 di Filipina. Menurut IeSPA, ajang ini juga didukung oleh Pemerintah Indonesia pelaksanaan Pelatnas Nasional untuk diasah dan dipersiapkan untuk menjadi Atlit yang siap secara mental dan spiritual mewakili Indonesia untuk meraih Medali di Sea Games.
Nantinya, akan dicari 4 team Mobile Legend dan Dota2 untuk diterbangkan ke Jakarta (Kejurnas) untuk mendapatkan kesempatan masuk Pelatnas Indonesia untuk mewakili Negara di Seagames 2019.
Lebih lanjut, game eSports yang akan dipertandingkan pada laga daerah terdapat Mobile Legend dan Dota 2. Kemudian, pada nasional akan ada Mobile Legend, Dota2, Tekken, dan AOV.Tim pengembang game asal India, Mobile Premier League hari ini mengumumkan ketersediaan platform eSports MPL versi Indonesia. MPL menawarkan berbagai game arcade yang mengadu ketangkasan serta sarat nilai kompetisi, yang bisa dimainkan pengguna dari berbagai kalangan masyarakat. Munculnya MPL meramaikan industri eSports di Indonesia yang masih didominasi game dengan genre RPG, FPS, Battle Royale, atau Multiplayer pada umumnya.“MPL merevolusi konsep arcade tradisional yang terpaku pada tempat serta mesin arcade, dan mengemasnya menjadi platform yang mudah diakses pengguna lewat smartphone yang digenggamnya setiap saat,” jelas Joe Wadakethalakal, CEO – Indonesia, Mobile Premier League melalui keterangan resminya.
Menurutnya, MPL hadir sebagai platform turnamen eSports untuk mencetak juara-juara baru dengan ketangkasan terbaiknya di berbagai kompetisi yang diadakan setiap hari.
Ia pun mengakui bahwa pasar industri eSports di Indonesia sangat menarik. Mengutip riset Newzoo di 2018, Indonesia berada di peringkat 17 dunia sebagai pasar game terbesar dengan proyeksi pendapatan sebesar USD 1.084 miliar.”Genre arcade yang dihadirkan MPL berpotensi menjangkau masyarakat secara lebih luas, dan kami bisa menjadi pionir platform arcade yang dapat memaksimalkan industri eSports dalam negeri, mulai dari penambahan kompetisi hingga penciptaan lapangan kerja berbasis ekonomi kreatif,” tambah Joe. MPL akan bekerja sama dengan para pengembang game lokal untuk menambahkan lebih banyak game ke dalam platformnya.

The post IESPA Gelar Kompetisi Esports IENC, Saring Putra Daerah ke SEA Games 2019 appeared first on Wii SPIN.

Perkembangan industri game dan eSport tampaknya semakin meningkat sejak beberapa tahun belakangan. Hal tersebut terlihat dari banyaknya kompetisi eSport, game yang semakin beragam hingga hadirnya perangkat gaming yang semakin canggih. Pemerintah juga tampaknya melihat potensi market gaming di Indonesia yang tinggi dan tengah menyiapkan regulasi terkait industri ini.
Menurut Tenaga Ahli Madya Kedeputian II Kantor Staf Presiden, Abraham Wirotomo saat ini Pemerintah tengah mengusung kebijakan untuk game dan eSport.”Sekarang sudah dalam tahap pembahasan dengan lintas kementerian. Jadi, harapannya setelah digodok di lintas kementerian draft ini akan diberikan ke Presiden,” kata Abraham usai ditemui di Kawasan Jakarta Pusat.Adapun beberapa kementerian dan pihak yang terkait di antaranya yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan Kantor Staf Presiden.
Lebih lanjut Abraham juga mengungkapkan jika ada tiga fokus dalam kebijakan tersebut. Adapun, fokus pertama yakni perlindungan anak, ideologi, dan budaya.
“Jadi pertama proteksi dulu, kita harus melindungi anak-anak kita,” jelas dia.Kemudian, fokus kedua yakni promosi industri gaming yang nantinya akan ada dukungan dari segi infrastruktur dan riset. Fokus terakhir, menurut Abraham adalah promosi industri eSport, nantinya turnamen akan lebih besar dan bisa diakui.
“Promosi ini lebih kepada dukungan infrastruktur untuk pengembangan software itu kan mahal, jadi kita bisa beri dorongan,” kata dia.Abraham juga mengungkapkan tujuan adanya payung hukum untuk industri game dan eSport ini untuk meningkatkan nilai ekonomi industri game. Tak hanya itu dengan kebijakan tersebut juga diharapkan lapangan pekerjaan semakin banyak dan profesi gamers semakin diakui. Dia juga mengatakan jika gamer di Indonesia sudah mencapai 40 juta lebih.
Lebih lanjut dia juga mengatakan jika Pemerintah juga sebisa mungkin meminimalisir dampak negatif gaming. Pemerintah melalui Kominfo juga berusaha untuk memberi rating umur pada game. Sehingga ada batasan usia tertentu untuk bermain game.
“Setiap produk apapun pasti akan ada hal baik dan buruknya. Seperti halnya makanan pasti ada dampak negatif, seperti kecanduan gula. Begitu juga gameBaca Juga: Tyler Blevins, Gamer dengan Pendapatan Rp144 Miliar tak dipungkiri juga pasti dampak negatif,” katanya.

The post Regulasi Game dan Esports Masih Digodok Lintas Kementerian appeared first on Wii SPIN.

Next Page »